Skip to main content

Serial Anime Pendek Terbaik yang Harus Kamu Tonton! (Part 1)


Buat kalian yang baru mau nonton anime atau sudah menjadi penonton setia sejak dahulu, berikut adalah daftar anime pendek (kurang dari 50 episode) (karena kita semua tahu menonton terlalu lama tidak baik.. haha) yang wajib kalian tonton. Artikel ini dibuat oleh seseorang yang mengaku sebagai penggemar anime dan dijamin serialnya telah ditonton lengkap oleh penulis,, wwkwkwkk..

1.)       Code Geass: Lelouch of the Rebellion
Serial anime jepang bertema tragedi, fantasi, dan mecha (seputar robot dan teknologi) ini tayang pada 2006-2008 dan terbagi menjadi 2 season yang masing-masing adalah 25 episode.
Serial anime ini bercerita tentang Lelouch, pangeran britania yang diasingkan di jepang (salah satu negara jajahan britania) dan tanpa sengaja membuat kontrak dengan gadis bernama CC yang kemudian memberikan kekuatan bernama Geass /“Kekuatan Sang Raja” padanya. Geass adalah kekuatan yang mengizinkan si pengguna dapat memberi perintah apapun kepada siapapun dan orang tersebut akan mematuhinya. Geass dilakukan dengan kontak mata dan hanya dapat berlaku sekali pada orang yang sama.
Dengan geass, Lelouch, yang memendam kebencian pada ayahnya karena diasingkan serta ingin mencari siapa pembunuh ibunya di Kerajaan Britania juga ingin membuat dunia menjadi tempat yang indah bagi dia dan adiknya, nunnaly, membentuk pasukan perlawanan Britania yang disebut The Black Knights. Agar diterima oleh pasukan jepang dan tidak diketahui identitasnya sebagai pangeran britania, dia selalu mengenakan topeng berbentuk 0 dan jubah dan menyebut dirinya Zero, pimpinan The Black Knights.
Mengapa ini anime terbaik? Gambar anime ini dibuat oleh artis manga CLAMP (kalian tahu Cardcaptor Sakura, nahh sama yang gambar), bagus dan detil. Ceritanya sangat menarik, berlatar perang dan penjajahan, menyatukan kecanggihan teknologi (robot) dan kekuatan sihir (geass), persahabatan antara pangeran britania yang membela jepang dan pengawal kerajaan britania yang berkebangsaan jepang, cerita tentang kebencian juga ambisi dan tentunya alur cerita yang tidak dapat ditebak serta semua permainan strategi yang pasti akan membuat kalian terpesona.
Salah satu anime terbaik yang pernah ada dan tidak boleh kalian lewatkan. Saya sendiri sempat terlalu fokus pada anime ini dan mengabaikan belajar ujian pada saat UTS SMA.. (uppss jangan ditiru yaa… ) Oke banget animenyaa!!!

2.)       Shingeki No Kyojin / Attack On Titan
Serial anime jepang bertema fantasi gelap dan action ini tayang pada 2013 sebanyak 25 episode dan direncakan bagian keduanya akan tayang pada 2017.
Berlatar kehidupan purbakala, saat teknologi belum ada, anime ini bercerita tentang manusia yang membuat tembok sebagai perlindungan dari serangan Raksasa. Perlindungan ini dibuat karena kaum raksasa pernah menyapu habis manusia 100 tahun yang lalu. Dengan terjadinya hal tersebut, manusia mulai belajar tentang raksasa dan membuat tim pasukan khusus pembasmi raksasa yang terdapat dalam struktur kepolisian.
Tokoh dalam anime ini adalah Eren, Mikasa, dan Armin yang masing-masing punya masa lalu berbeda berkaitan tentang kebencian pada Raksasa dan bergabung dengan tim pasukan khusus. Ceritanya menjadi sangat seru saat diketahui bahwa semua raksasa itu tidak bodoh, ada seorang raksasa perempuan yang sangat pintar dan dipahami mendapat bocoran tentang rencana pasukan khusus.Serta diketahuinya Eren, yang merupakan anggota pasukan khusus, memiliki kemampuan berubah menjadi raksasa dalam keadaan tertekan. Sempat dimusuhi oleh para anggota pejuang yang lain, Eren meyakinkan mereka bahwa dia dapat menjadi senjata mematikan bagi kaum raksasa dengan kemampuannya berubah menjadi salah satu dari mereka. Akhir dari bagian pertama anime ini adalah diketahuinya bahwa raksasa perempuan cerdas itu aslinya adalah manusia anggota kepolisian, serta masih menjadi misteri bagaimana seorang manusia dapat berubah menjadi raksasa.
Mengapa ini anime terbaik? Pertama tentu latar belakangnya yang tidak biasa. Bagaimana kaum manusia belajar, berjuang, mempertahankan diri mereka di bawah bayang-bayang menjadi mangsa raksasa. Tanpa teknologi canggih atau apapun berbau kekinian, shingeki no kyojin menggambarkan dengan gamblang kehidupan manusia pada zaman dahulu, perang dan perjuangan mereka melawan musuh untuk peradabannya. Juga tentunya trik bertarung, acara pertarungan yang sangat seru, misteri-misteri yang belum terpecahkan, serta karakter-karakter kuat dalam cerita ini mewajibkan kalian semua menonton salah satu anime jepang paling terkenal di mata dunia.
Manga shingeki no kyojin telah sukses tercetak sebanyak 52,5 juta kopi. Saya sendiri menonton anime ini setelah anime ini selesai tayang, dan hanya mengahabiskan 1.5 hari untuk menontonnya karena tidak bisa berhenti. Salah satu anime yang paling ditunggu-tunggu kelanjutannya pada 2017. Selamat menyaksikan!!

3.)       Mirai Nikki / Future Diary
Serial anime jepang bertema action, thriller psikologi, dan percintaan ini diangkat dari manga dengan judul sama. Serial ini tayang pada 2011-2012 selama 26 episode.
Bercerita tentang Yuki, anak penyendiri yang suka menulis diari online dan chatting dengan teman bayangan bernama Deus yang ternyata nyata dan merupakan dewa ruang dan waktu. Suatu hari, diari yuki tiba-tiba terisi selama 90 hari kedepan, dan ternyata terbukti benar seperti yang tertulis di diarinya. Dengan hal tersebut, Yuki dipaksa oleh Deus mengikuti sebuah game, di game tersebut yuki dan 11 orang lainnya yang juga menulis diari online yang dapat mengetahui masa depan dengan cara yang berbeda-beda harus saling membunuh. Pertandingan akan selesai pada hari ke-90 dan pemenangnya dapat mencegah kiamat juga menjadi dewa ruang dan waktu yang baru.
Mengapa ini anime terbaik? Siapa yang tidak tertarik dengan pertandingan saling membunuh yang semua kontestannya punya cara unik untuk tahu masa depan. Ide itu saja sudah sangat berbeda dan menarik buat di tonton. Kemudian jalan ceritanya…. saya yakin dengan pasti akan membuat kalian terpengarah, out of the box banget, kita ditipu habis-habisan oleh si pembuat cerita, nanti ada konsep tentang dunia paralel dan lain-lain (ups… ada spoiler haha). Dan ada satu karakter yang akan terbawa sampai mimpi kalian, namanya Gasai Yuno, teman se-tim nya Yuki dalam game hidup-mati ini. Perempuan gila sinting yang terobsesi dengan Yuki. Salah satu karakter perempuan terkejam dalam sejarah anime yang pernah saya tonton.
Salut buat Sakane Esuno, penulis manga Mirai Nikki, ceritanya… sangat menghibur, sempat membuat saya takut, ga bisa tidur, sampai kebawa mimpi, dan selalu nunggu dengan ga sabar tiap minggunya apa yang akan terjadi selanjutnya. Pastinya salah satu anime terbaik yang pernah dibuat!! Wajib nonton masbroo!!

4.)       Sword Art Online
Serial anime jepang yang diangkat dari light novel berjudul sama ini bertema petualangan, action dan fiksi ilmiah. Serial ini tayang pada 2012 selama 25 episode.
Sword Art Online selanjutnya disebut SAO adalah game online dimana pemain dapat memfungsikan kelima indra mereka melalui otak dan mengontrol karakter dengan pikrian mereka. Cerita dimulai saat SAO (Sword Art Online), sebuah VRMMORPG dipublikasikan untuk dimainkan, terdapat 10000 pemain waktu itu, dan mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat keluar. Pengumuman itu dikatakan langsung oleh pembuat SAO saat semua pemain sudah berada dalam game. Mereka wajib mencapai lantai 100 dan mengalahkan bos terakhir jika mereka ingin bebas. Keluar secara paksa dari game atau mati dalam game berarti kematian sesungguhnya dalam kehidupan nyata.
Tokoh utama anime ini adalah Kirito, seorang yang telah sering bermain Virtual Game, dengan pengalaman tersebut dia lebih suka bermain solo, tanpa tim, dan menunjukkan kemampuan yang menakjubkan dalam permainan. Dia berteman dengan Asuna, yang pada akhirnya menikah dengannya di Game tersebut. (Spoiler!!).
Mengapa ini anime terbaik? Ide baru terjebak dalam permainan game online tentunya menarik. Berbeda dengan Mirai Nikki yang merupakan anime psikologi dan berkesan kejam, SAO adalah anime ringan petualangan bermain virtual game online biasa tetapi dengan mempertaruhkan nyawa. Anime ini sangat amat cocok ditonton oleh orang yang suka bermain game. Berpikir siapa yang akan dipercaya dan siapa yang tidak, siapa sesungguhnya dalang dalam permainan game ini, kehidupan dalam game yang terasa amat nyata, juga bos-bos tiap lantai yang tentunya tidak mudah dikalahkan dengan barang atau trik biasa menjadikan SAO anime yang terkenal di dunia.
 Light Novel nya terjual sebanyak 16 juta kopi. Saya pribadi bukan seorang pemain game apalagi virtual game online tapi saya menikmati perjalanan Kirito dalam bermain SAO dan berusaha mencapai lantai 100. Ringan dan menyenangkan. Ditambah theme song dalam anime ini sangat enak didengar. J Anime yang cocok ditonton kapan saja anda mau. Wajib Tonton!! J

5.)       Tokyo Ghoul
Serial anime jepang bergenre Seinen dan bertema fantasi gelap ini tayang pada 2014-2015 dan terbagi menjadi 2 bagian dengan total episode adalah 24.
Ghoul, berbentuk sama seperti manusia, tetapi mereka hanya dapat berlangsung hidup dengan memakan daging manusia. Mereka hidup bersembunyi diantara para manusia. Mereka membuat beberapa perkumpulan dan mengatur perburuan mereka agar mereka tetap “aman”. Anime ini bercerita tentang Kaneki Ken, seorang mahasiswa, yang berhasil lolos dari serangan seorang ghoul bernama Rize. Tetapi setelah kejadian tersebut kaneki sadar bahwa dirinya menjadi separuh Ghoul berkat beberapa organ Rize yang di transplantasi untuk menyelamatkan dirinya saat kecelakaan itu terjadi. Dan, seperti ghoul, tentunya dia harus memakan daging manusia untuk bertahan hidup. Kaneki bertemu dengan salah satu perkumpulan Ghoul yang menyamarkan perkumpulan mereka dengan kedai kopi bernama “Anteiku”. Disana, kaneki diajari bagaimana bertahan hidup sebagai Ghoul.
Mengapa ini anime terbaik? Anime ini menggambarkan kehidupan seorang manusia lemah yang harus menjadi separuh ghoul dan berdamai dengan hal tersebut. Kebencian yang terbentuk antara manusia dan ghoul serta pertempuran antara ghoul dan divisi kepolisian penangkap ghoul adalah bagian yang sangat penting pada Anime ini. Kemampuan para penangkap ghoul tersebut untuk menggunakan kemampuan ghoul yang mereka bunuh tanpa menjadi ghoul menambah kebencian ghoul pada manusia.
Kenyataan bahwa kaneki bukan ghoul sepenuhnya menjadikannya sasaran para ghoul lain untuk memakannya juga sasaran divisi penangkap ghoul untuk menelitinya dan mengorek informasi tentang ghoul lebih dalam. Sampai pada suatu saat, merupakan jembatan ke season 2 anime ini, (spoiler alert!) kaneki yang sempat tersiksa habis-habisan oleh salah satu ghoul berubah, seperti dicuci otaknya atau mungkin dia memutuskan untuk berubah menjadi kuat dan melindungi Anteiku dari serangan ghoul lain, menjadi ghoul yang kejam dan haus darah, dia bergabung dengan kumpulan ghoul lain yang suka memangsa manusia.
 Ditemukannya para separuh ghoul lain, bukan hanya kaneki saja yang separuh manusia, juga kenyataan bahwa salah satu separuh ghoul tersebut adalah musuh besar kepolisian, tentuanya menambah daya tarik cerita ini. Dan pada suatu pertempuran besar di akhir anime bagian kedua (spoiler) antara divisi penangkap ghoul dan para ghoul, hide, sahabat kaneki, yang ternyata telah mengetahui kaneki adalah ghoul, meninggal dalam pertempuran tersebut.
Theme Song dan gambar anime ini juga sangat bagus. Kalian tidak boleh melewatkannya! Serial anime paling seru dan ditunggu pada 2014 dan 2015!! Saya sendiri menanti setiap minggu menontonnya, kekejaman dan kesedihan terpampang dalam setiap episode di anime ini, tapi tenang semua itu dilengkapi dengan kekerenan para karakternya! Good luck and happy watching!!!

Sekian part 1 Serial Anime kurang dari 50 episode yang wajib ditonton......
Nantikan yaaaaaaaaaaa part-part selanjutnya........ 
Sampai jumpaaaaa.... :) 

Comments