Skip to main content

Buat NPWP ternyata gampang banget..

Tau kan NPWP itu apa? singkatan dari Nomor Pokok Wajib pajak...
biasanya ni yang udah kerja atau mau kerja pasti udah tau, karena emang NPWP ini harus d miliki oleh orang berpenghasilan.


terus.. Gimana cara buatnya?
gampang banget lah ternyata (yaiyalah ya ngapain dibuat susah, orang itu dibuat buat nagih pajak, wkwkwkkwk)

saya saranin buatnya online aja.
oke ini cerita saya buat NPWP.

saya baru diterima kerja di salah satu perusahaan swasta dan si perusahaan ini memiliki syarat untuk pembukaan rekening bank (untuk ngasi gaji) itu dengan memiliki NPWP. (Perusahaan memberi saya waktu satu minggu untuk ngurus2 semua berkas yang mereka perlukan termasuk NPWP di dalamnya)

KTP saya KTP Bekasi, tapi saya berdomisili di Jakarta. 
Nahh... menurut informasi di internet, katanya buat NPWP emang gampang banget (kalau yang domisili sama KTP nya sama). Cukup dateng ke kantor Pajak terdekat dan hari itu juga langsung jadi.
Itu emang benar, udah dibuktikan juga sama salah satu teman saya (yang sama2 baru keterima kerja bareng ini).
Saya baca-baca di internet juga.. Kalau domisili sama KTP nya beda itu mesti minta surat dulu dari kepala keluarga tempat kamu tinggal, pake cap RT kemudian RW kemudian Kecamatan, baru akhirnya ke kantor pajak.
Aduh Tuhaaannnn ribet banget ga si????

Saya orang baru disini, bahkan Pak RT rumahnya yang mana aja gatau. (jangan dicontoh ini adalah orang yang tidak bersosialisasi) 

Karena kepanjangan rute itu buat ngebuat NPWP di kantor pajak terdekat, saya memutuskan untuk pergi aja ke Bekasi dan ngurus disana. (Ps Minggu Bekasi ga jauhh koooo)

Sampailah saya di kantor pajak Bekasi sesuai KTP saya, ehhh baru masuk ketemu resepsionis Langsung DITOLAK. 
KENAPA? 

Karena aturan kantor pajak Bekasi, ketika anda mau membuat NPWP syaratnya 
1. Surat Keterangan Kerja/ID Card Perusahaan
2. Fotokopi KTP

Dan sayangnya saya udah gagal di syarat no.1 yaiyalah yaaa.... saya itu baru diterima kerja, gimana caranya punya Surat Keterangan Kerja/ID card, itu ituu cuma bisa dimiliki oleh orang YANG TELAH bekerja. 

Saya pusing dan saya pulang ke rumah.

Hmm... kemudian saya mencoba mungkin aja bisa buat online yaa.... biar aja gagal toh gapapa, kalau gagal ya nanti pas udah masuk kerja aja minta surat keterangan dan balik lagi ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Bekasi... Ga da salahnya kan nyobaa...


Mencobalah saya. 
1. Klik https://ereg.pajak.go.id/login
2. Buat akun dulu, biasa kemudian aktivasi lewat email dst...
3. Nanti baru bisa login
4. Login
5. Isi semua form yang diminta
Isinya seputar Identitas, Alamat KTP, Alamat Domisili, Jenis Pekerjaan, Gaji, Oyaa... kalau mau buat NPWP pribadi klik jenis NPWPnya yang "Pusat" ya di awal.
Ituuu aja si seinget saya pertanyaannya, gampanglahhh gausah banyak mikir ga kaya UN ko... hahahhahaha
6. Pertanyaan semua yanga telah anda isi benar
7. Kirim
8. Tunggu... Nanti dia akan memproses lamaran NPWP anda apakah akan diterima atau tidak (pada kasus saya proses ini berlangsung selama 1,5 hari)
9, Jika lamaran NPWP anda diterima anda akan mendapat email "eregistration" Pajak.
Isi email tersebut adalah BUKTI TERIMA ELEKTRONIK yang berisi 
Nama, Nomor, Nomor Transaksi, NO NPWP ANDA, di KPP mana anda terdaftar (nahh dalam kasus saya karena saya berdomisili di PsMinggu maka terdaftar di KPP Ps Minggu), juga catatan bahwa kartu NPWP asli dan SKT akan dikirim ke alamat anda.
10. Berdoalah agar tukang pos cepat datang ke rumah anda membawa kartu NPWP anda dan SKT anda.
11. Anda berhasil.

Ini contoh aja yaaa (hasil nyari di google)
Sampai saat ini, tukang pos belum datang ke rumah saya. Saya baru menerima email BUKTI TERIMA ELEKTRONIK kemarin pada 21 Juli 2016.

Saya telah mengkonfirmasi kebenaran email tersebut ke nomor telepon tercantum 021-1500200 (ini nmanaya no. "kring pajak" kl mau nnya apa2 tentang pajak ke nomor ini). 

Menurut informasi yang saya dapat, NPWP saya telah jadi, jadi hanya tinggal menunggu tukang pos. Masalah lamanya pengiriman, "kring pajak" bilang 
"dari pihak pajak sendiri proses pembuatan NPWP sejak email BUKTI TERIMA ELEKTRONIK maksimal 1x24 jam. Setelah itu kami serahkan kepada pihak POS INDONESIA."

Oleh karena itu saya masi di tahap ke 10, dimana sekarang saya berdoa agar tukang POS cepat datang!!! cepatlah datang pak pos!!!!!!

Kabar baiknya.... SEMUDAH ITULAH MEMBUAT NPWP.
ga perlu bakat bersosialisasi dengan minta surat dari kepala keluarga cap RT RW dan bla bla bla lainnya...

cukup punya internet dan masalah selesai. wkakakakakka.

Jadi tenang beda alamat domisili dan alamat KTP gausah jadi masalahhh... Cepet bgt pula kan prosesnya.. (kasus saya cuma 1,5x24 jam sejak saya online daftar. (emang si masi cepetan kl dateng sendiri ke kantornyaa)

Tapi proses ini cocok banget buat orang sibuk, orang hemat, dan orang males sosialisasi. 

Bagus juga Indonesia ini udah ya,online dan cepatnya udah jalan.. Thanks btw buat pelayanannya :D
(aduhh tapi masi nunggu si pak pos semoga cepat..Amiinn)


SELAMAT MENCOBA buat kamu semua yang belum punya NPWP. Inget yaa!! Bayar pajak itu wajib loh! Jadilah warga negara yang baik!

-end.



Comments