Skip to main content

Semifinal Pertama untuk Wales


Stade Pierre-Mauroy menjadi saksi kemenangan Wales atas Belgia (3-1) di laga perempat final Euro 2016 Sabtu (2/7). Pertandingan melawan Portugal pada Kamis (7/7) akan menjadi semifinal pertama bagi Wales di turnamen internasional. Euro 2016 merupakan Euro pertama bagi salah satu negara Britania Raya tersebut, namun, penampilannya yang mengesankan serta pertahan yang kuat menjadikan tim dengan julukan The Dragons itu, juara grup di babak penyisihan, menang tipis atas Irlandia Utara dan menaklukkan tim asahan Marc Wilmots dengan cemerlang.


Keunggulan Belgia sebagai pencetak gol pertama lewat tendangan indah Radja Nainggolan pada menit 13’ tidak berlangsung lama. Wales mulai menyerang, 18 menit kemudian, sundulan Ashley Williams berkat bantuan Aaron Ramsey membobol gawang Thibaut Courtois. Gareth Bale dan teman-temannya terus menyerang sepanjang sisa pertandingan babak pertama, James Chester, Ashley Williams, dan Hal Robson-Kanu mencoba menambah skor bagi Wales namun meleset. Babak pertama berakhir dengan skor seri antara Wales dan Belgia.


Masuknya pemain tengah asal Belgia, Marouane Fellaini, mengawali pertandingan babak kedua. Belgia menyerang, sayang tendangan Romelu Lukaku meleset. Ketidakhadiran tiga bek utama belgia, termasuk kapten mereka, Jan Vertonghen, berperan besar dalam gol kedua Wales yang diciptakan oleh Hal Robson-Kanu atas operan Aaron Ramsey pada menit 55’. Hal Robson-Kanu berhasil mengecoh tiga pemain Belgia yang mengepungnya dan meninggalkannya hanya berhadapan mata dengan Thibaut Courtois. Ini seperti tendangan bonus “pinalti” bagi tim asahan Chris Coleman tersebut.


Wales terus menyerang, Ashley Williams mencoba kembali keberuntungannya pada menit 61’ dan 66’, sayang gagal. Kesempatan emas datang pada menit 74’ untuk tim setan merah lewat sundulan Marouane Fellaini tepat di depan gawang Wayne Hennesey, sayang kesempatan emas yang hanya satu-satunya itu melebar keluar gawang Wales. Pelanggaran “hand” Aaron Ramsey pada menit 75’ menjadikan pemain tengah asal klub Arsenal itu tidak dapat tampil di pertandingan selanjutnya karena akumulasi kartu. Sundulan Sam Vokes atas tendangan Chris Gunter 6 menit setelah dia masuk ke lapangan menggantikan Hal Robson-Kanu, memastikan mutlak kemenangan bagi The Dragons.




Secara stasistik, kepemilikan bola Belgia selama laga dengan Wales lebih banyak. Namun, tendangan yang selalu meleset dan kurang tepat dari Eden Hazard dan teman-temannya, serta pertahanan yang buruk menjadikan laga ini “cukup mengecewakan” dibanding performa Belgia pada laga-laga sebelumnya. Wales memang pantas menang atas pertadingan kedua laga perempat final Euro 2016 kali ini.

Comments